Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Pegawai Harian Lepas Berapa? Cek Sebelum Melamar!

GAJIKULI.COM - Pegawai harian lepas merupakan salah satu profesi yang dipekerjakan berubah-ubah dalam hal waktu dan volume pekerjaan serta upah yang didasarkan pada kehadiran.

Profesi ini terbilang lebih fleksibel, hanya saja Anda tidak akan memperoleh gaji apabila tidak bekerja. Berbeda dengan pekerja bulanan yang menerima gaji pokok secara tetap sesuai waktu yang ditentukan.

Pekerja lepas adalah mereka yang bekerja pada perusahaan untuk melakukan pekerjaan tertentu dan masih belum pada kejelasan yang pasti.

Seperti contoh bekerja di perusahaan A, namun berangkat seminggu 3 kali dan waktu kerja yang tidak menentu. 

Gaji Pegawai Harian Lepas 

Bicara mengenai gaji, ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai pendapatan seseorang. Hal ini menjadi penentu besar kecilnya penghasilan.

Salah satunya ialah menyesuaikan upah minimum wilayah setempat. Gaji yang menyesuaikan UMK biasanya menjadi patokan standar.

Seperti yang diketahui, setiap wilayah memiliki UMK berbeda-beda, baik itu di Semarang, Jakarta, Surabaya, dan lain sebagainya.

Terkait gaji karyawan harian lepas, maka bisa menentukan UMK di mana Anda bekerja. Penghasilan yang diperoleh mulai dari Rp1 juta hingga puluhan juta per bulan.

Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi gaji ialah jabatan. Ada beberapa posisi di sebuah perusahaan dari yang paling rendah hingga tertinggi. Semakin tinggi jabatannya, maka semakin besar penghasilan yang diperoleh.

Dikutip dari beberapa sumber, pekerja lepas mendapatkan gaji cenderung lebih tinggi daripada pegawai pada umumnya.

Gaji pegawai harian lepas berkisar Rp100 ribu- Rp300 ribu per hari tergantung dari kompleksitas dan risiko kinerjanya.

Akan tetapi, keputusan paling mutlak terkait gaji yaitu berada di tangan perusahaan masing-masing. Biasanya ada kesepakatan gaji antara kedua belah pihak terkait pemberian penghasilan kepada karyawannya.