Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaji Asisten Dosen UGM, Apakah Besar?

GAJIKULI.COM - Gaji asisten dosen UGM berapa? Pastinya banyak yang peansaran dan ingin mengetahui informasinya.

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yang sampai saat ini masih terus menumbuhkan bibit baru.

Mereka yang belajar di UGM mendapatkan pendidikan layak dengan kualitas terjamin. Untuk memasukinya pun memerlukan tahapan yang cukup rumit.

Berdirinya kampus ternama tentu tidak luput dari kinerja dosen, asisten, dan pekerja lain di dalamnya yang mampu membantu menjadi lebih baik.

Gaji Asisten Dosen UGM

Bicara tentang gaji, ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai pendapatan, salah satunya ialah berdasarkan jabatan.

Dalam perguruan tinggi, ada beberapa profesi yang bisa diambil seperti dosen, asisten dosen, maupun pekerjaan lainnya.

Masing-masing menawarkan pendapatan yang berbeda-beda. Semakin tinggi jabatannya, semakin besar penghasilannya.

Gaji pokok dosen PNS sudah diatur dalam PP pemerintah no 15 tahun 2019. Namun untuk dosen swasta mengacu pada aturan perguruan tinggi masing-masing.

Penghasilan dosen jika dipukul rata kisaran Rp2,6 juta hingga Rp4,4 juta dan menyesuaikan golongan beserta masa kerjanya.

Gaji asisten Dosen UGM kisaran Rp2-4 juta per bulan belum termasuk fasilitas dan tunjangan lainnya seperti BPJS, uang makan, transport, dll.

Penghasilan asisten lebih rendah dibandingkan dosen di UGM. Akan tetapi, perannya cukup penting untuk membantu dosen menjadi lebih mudah dalam memberikan pembelajaran.

Tunjangan

Selain gaji yang bisa diperoleh, ada juga beberapa tunjangan yang bisa didapatkan di antaranya:
  • Tunjangan Profesi
Tunjangan yang satu ini berlaku untuk dosen yang mempunyai sertifikat pendidik, jumlah tunjangannya yaitu satu kali gaji pokok.
  • Tunjangan Khusus
Jenis tunjangan yang satu ini hanya diberikan pada dosen yang sedang menjalani penugasan di suatu daerah, besaran tunjangan tersebut sama dengan tunjangan profesi, yakni satu kali gaji pokok.
  • Tunjangan Kehormatan
Jenis tunjangan tersebut berlaku hanya pada dosen yang mempunyai jabatan sebagai akademik profesor, jumlahnya dua kali gaji pokok.
  • Tunjangan Tugas Tambahan
Biasanya ada tugas tambahan yang diberikan oleh perguruan tinggi, mereka yang mendapatkan tugas tertentu akan memperoleh tunjangan tambahan. Seperti halnya rektor, pembantu rektor, dekan, direktur politeknik, hingga pembantu direktur.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai gaji asisten dosen UGM, bagi yang berminat menjadi dosen bisa mendaftarkan diri di perguruan tinggi tersebut.