Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Bank Mandiri, Sejarah, Hingga Produknya

 

GAJIKULI.COM - Banyak yang penasaran mengenai profil Bank Mandiri. Bagi yang masih awam mungkin belum mengetahuinya.

Bank Mandiri menjadi salah satu perusahaan perbankan Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan berbagai macam layanan keuangan. 

Perusahaan yang satu ini menjadi salah satu yang terbesar dari beberapa bank yang ada di Indonesia seperti BRI, BCA, Syariah, dan lain sebagainya.

PT Bank Mandiri merupakan hasil dari program restruksi bank pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni gabungan dari empat bank negara yaitu:

  • Bank Bumi Daya
  • Bank Exim
  • Bank Dagang Negara
  • Bank Bapindo

Profil Bank Mandiri

PT Bank Mandiri berdiri pada 2 oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan pemerintah Indonesia.

Berikut biodata Bank Mandiri selengkapnya:
  • Nama: PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri)
  • Kantor pusat: Jakarta
  • Berdiri: 2 Oktober 1998
  • Cabang: 1296
  • Anak perusahaan: Bank Syariah Indonesia, Bank Mandiri Taspen, Mandiri Inhelath, Axa Mandiri, dan lain sebagainya.
PT Bank Mandiri terus memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia setelah melalui proses konsolidasi dan integrasi secara menyeluruh di segala bidang.

Perusahaan yang satu ini berhasil membangun organisasi bank yang solid dan mengimplementasikan core banking dengan sistem yang sudah terintegrasi yang sebelumnya saling terpisah.

Kinerja bank terus mengalami perkembangan yang sangat baik hingga penawaran saham perdana ada 14 Juli 2023 sebesar 20% tau ekuivalen dengan 4 miliar lembar saham.

Sejarah Bank Mandiri

Setelah mengetahui profil Bank Mandiri, kalian harus mengetahui sejarahnya. Perusahaan yang satu ini berdiri pada 2 Oktober 1998.

Akta pendiriannya disahkan oleh menteri kehakiman berdasarkan surat keputusan No C2- 16561 HT.01.Th98 2 Oktober 1998.

Pada 1999, Bank Mandiri didirikan melalui pengalihan hampir seluruh saham Pemerintah RI yaitu PT Bumi Daya, PT Bank Dagang Negara, PT Bank Ekspor Impor Indonesia, dan PT Bank Pembangunan Indonesia dan Setoran Tunai Pemerintah.

Perusahaan yang satu ini merupakan bank hasil restrukturisasi yang dilakukan Indonesia pada krisis moneter tahun 1998. Saham sebesar 60% milik bank pemerintah RI, sisanya milik publik.

Mandiri menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia sekaligus sebagai bank BUMN terbesar di Indonesia berdasarkan total asetnya, yakni sebsar Rp 733,1 triliun pada penutupan tahun 2013.

Hal itu dibuktikan bahwa jumlah rekening yang terdaftar di Bank Mandiri mencapai 14 juta rekening dengan merauk laba bersih sebesar Rp18,2 triliun. 

Hingga saat ini, perusahaan Bank Mandiri masih terus mengalami perkembangan dan menjadi salah satu perbankan yang terus maju dengan kualitasnya.

Produk PT Bank Mandiri

Berkembangnya perusahaan yang satu ini tidak lain karena produk-produknya yang berkualitas bagi kebutuhan masyarakat di antaranya:
  • Simpanan
Nasabah dapat menyimpan uang yang dimiliki dengan keuntungan dan kenyamanan yang lebih baik di Bank Mandiri.

Adapun beberapa macam jenis simpanannya seperti tabungan bisnis, deposito rumah, deposito valas, giro rupiah, hingga payroll.
  • Pinjaman
Kalian juga dapat mengajukan pinjaman bilamana membutuhkannya. Bank Mandiri senantiasa menyediakan layanan pinjaman untuk siapapun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun beberapa macam jenis pinjaman yang dapat dilakukan seperti mikro, usaha kecil dan menengah, hingga corporate.
  • Kartu Kredit
Nikmati keunggulan dan kemudahan melalui Bank Mandiri kartu kredit sesuai kebutuhan masing-masing pengguna.

Ada banyak fitur yang bisa didapatkan seperti power installment, power buy, power bill, power cash, hingga mandiri protection.
  • Investasi dan Asuransi
Nasabah dapat melakukan investasi maupun asuransi di Bank Mandiri. Percayakan perlindungan diri dengan berbagai macam produk investasi dan asuransi di dalamnya.
  • E-Banking
Pengguna bisa memakai E-Banking yang membuat transaksi menjadi lebih mudah kapan saja dan dimana saja.
  • Pengiriman Uang
Terdapat layanan pengiriman uang maupun penerimaan dengan mudah dan aman melalui Bank Mandiri, baik dengan cara outgoing transfer maupun incoming transfer.
  • Kartu Debit
Produk Bank Mandiri yang bisa kalian gunakan selanjutnya ialah kartu debit. Miliki kartu debit dan dapatkan kemudahan hingga kenyamanan dalam bertransaksi online. 

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai profil Bank Mandiri, sejarah, hingga produk yang tersedia di dalamnya. Mungkin kalian belum mengetahuinya secara detail dan bisa melihat informasi tersebut yang sudah kami sampaikan.